Nasib Tiga Pejuang Lingkungan di Kabupaten Sumba Tengah akan Divonis

Telah terjadi penangkapan 3 warga (Umbu Mehang, Umbu Janji, dan Umbu Pendigara) di Kabupaten Sumba Tengah (06/12). Mereka berjuang mempertahankan hak-hak mereka atas tanah dan lingkungan hidup yang sehat dari ekspansi industri ekstraktif (pertambangan emas) oleh PT. Fathi Resourcess yang akan berdampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan warga di wilayah tambang.
Menyikapi peristiwa penangkapan dan penahanan 3pejuang tersebut, kami Wahana Lingkunga Hidup Indonesia (WALHI) NTT,  ingin menyeruhkan, bahwa;
1.Penangkapan dan penahanan 3 (tiga) warga (Umbu Mehang, Umbu Janji, dan Umbu Pendigara) di Kabupaten Sumba Tengah, tanggal 6 Desember 2011 adalah bentuk pelanggarah HAM.  Ketiga warga tersebut telah berjuang untuk mempertahankan hak atas tanah dan lingkungan hidup yang sehat;
2.Meminta para majelis hakim yang menangani kasus tersebut agar dapat bekerja sesuai dengan koridor hukum dan standar HAM. Karena itu, hendaknya ketiga warga tersebut (Umbu Mehang, Umbu Janji, dan Umbu Pendigara) sebagai wujud penghormatan terhadap hak-hak rakyat; Karena pada Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup, Pasal 66 bahwa, Setiap orang yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat tidak dapat dituntut secara pidana maupun digugat secara perdata. Karena itu, ketiga tahanan ini mestinya divonis BEBAS.
3.Mendesak Gubernur NTT dan Pemkab Se-NTT untuk segera mencabut seluruh Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di NTT. Karena, dinilai semua perijinan ini tidak sejalan dengan program-program pemerintah provinsi di NTT misalnya program jagung, ternak, cendana yang mana semua program itu sangat bergantung pada penciptaan iklim mikro.
4.Menyeruhkan kepada seluruh civil society di Kabupaten Sumba Tengah dan NTT umumnya selalu memantau segala bentuk pelanggaran HAM yang terjadi.

Herry Naif (Direktur WALHI NTT)

Tentang WAHANA TANI MANDIRI

Wahana Tani Mandiri yang disingkat WTM didirikan, 29 Januari 1996. WTM adalah sebuah lembaga non-profit yang melakukan advokasi teknis pertanian kepada petani dan advokasi kebijakan agar berpihak pada kaum tani. WTM beralamat Kantor pusat : Jl. Feondari, Tanali, Bhera, kec. Mego, Kab.Sikka. Sedangkan untuk memudahkan komunikasi dengan berbagai pihak maka WTM memiliki kantor penyanggah : Jl. Wairklau, Lorong Kantor Dinasi Koperasi Kabupaten Sikka, NTT.
Pos ini dipublikasikan di Pernyataan Sikap. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s