BPK Didesak Audit Izin Pertambangan di NTT

Pos Kupang, Rabu 2 November 2011

Kupang – PK, Badan Pemeriksaan Keuangan RI Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) didesak mengaudit berbagai izin pertambangan yang dikeluarkan pemerintah daerah di NTT. Audit untuk memastikan apakah pengeluaran izin itu sudah sesuai prosedure yang ada.

Desakan ini disampaikan Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) NTT, Herry Naif, dalam surat elektroniknya kepada Pos Kupang (1/11/2011) siang. Audit ini untuk mengontrol Perizinan tambang yang makin banyak dikeluarkan pemerintah daerah di NTT.

“Audit itu memastikan apakah perizinan tambang ang dikeluarkan Pemprop dan Pemkab di NTT prosesnya sudah sesuai dengan perintah Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Tak hanya itu, audit juga diperlukan untuk mengecek proses perizinan pertambangan itu sesuai atau tidak dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 22 Tahun 2010 Tentang Wilayah Pertambangan dan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2010 tentang Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara,” ujar Herry.

Menurut Herry, audit itu membongkar apakah pendapatan asli daerah itu sesuai dengan kesepakatan dan berimbang dengan kerusakan yang terjadi di kwasan-kawasan pertambanga (Aly)

Tentang WAHANA TANI MANDIRI

Wahana Tani Mandiri yang disingkat WTM didirikan, 29 Januari 1996. WTM adalah sebuah lembaga non-profit yang melakukan advokasi teknis pertanian kepada petani dan advokasi kebijakan agar berpihak pada kaum tani. WTM beralamat Kantor pusat : Jl. Feondari, Tanali, Bhera, kec. Mego, Kab.Sikka. Sedangkan untuk memudahkan komunikasi dengan berbagai pihak maka WTM memiliki kantor penyanggah : Jl. Wairklau, Lorong Kantor Dinasi Koperasi Kabupaten Sikka, NTT.
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s