Walhi NTT dan Sejarahnya

Sejarah Walhi NTT:

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Daerah Nusa Tenggara Timur dibentuk pada tanggal 4 – 5 Oktober 1996 di Maumere. Pada Awalnya Walhi NTT hanya memiliki 14 jaringan anggota LSM yang mewakili semua daerah kepulauan se-NTT. Semenjak moncong gerakan Walhi Daerah NTT diunjukkan, 6 LSM lainnya mengundurkan diri. Secara organisatoris ini sebuah ujian bagi WALHI NTT.

Kondisi ini tidak membuat WALHI NTT mundur malah semakin menujukkkan taringnya. Pada PDLH WALHI Daerah NTT 2001, tercatat 22 LSM anggota dan 15 calon anggota. Pada PDLH itu, jumlah keanggota WALHI NTT menjadi 37 lembaga. Dengan kekuatan ini, WALHI Daerah NTT terus melakukan pengorganisasian, kampanye dan pendidikan rakyat demi membangun sikap kritis rakyat terhadap setiap kebijakan Negara terkait isu lingkungan, Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasi.

Pada PDLH Luar Biasa WALHI NTT, tanggal 12-13 Februari 2008 terdapat 39 Lembaga yang masih menjadi anggota Daerah NTT dan 11 Lembaga Calon Anggota (Data Terlampir). Keanggotaan ini mencakup 3 pulau besar di NTT (Timor, Sumba dan Flores).

Dalam perkembangan ada begitu banyak lembaga yang ingin bergabung tetapi WALHI Daerah NTT, namun Eksekutif merencanakan untuk melakukan verifikasi keanggotaan sehingga memiliki militansi dan konsistensi perjuangan. Selain itu, keanggotaan lembaga juga ada banyak OR yang telah terdaftar dan selama ini menjadi wilayah cakupan dampingan WALHI Daerah NTT. (Data Calong Anggota Terlampir)

Sedangkan bidang pengkaderan, WALHI Daerah NTT telah menginisiasi terbentuknya Sahabat Lingkungan di 3 Kabupaten yaitu; Sahabat Lingkungan Tana Puang Sikka (Kab. Sikka), Sahabat Lingkungan Duang Gelaran Larantuka, (Kab. Flores Timur), Sahabat Walhi Tana Wekenena Redi Waimenanga (Sumba Tengah), Pembentukan Sahabat Alam (SALAM) di Kota Kupang bagi Mahasiswa/i. Namun semua proses ini mengalami permasalahan pada periode 2010-2011 karena banyak faktor diantaranya; ketersedian pendamping dan keterbatasan logistik dalam mendukung seluruh aktivitas organisasi tersebut. Hanya saja, bahwa relasi sosial yang dibangun itu tetap dijalankan dalam koordinasi persoanal. Artinya bahwa ideologi yang terbangun bukan sebatas pada organisasi tetapi pada sebuah spirit hidup cinta akan kelestarian dan pemulihan ekologi NTT.

Pada Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) V Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Daerah NTT, mencatat sebuah sejarah yang berbeda.

Visi WALHI

Terwujudnya suatu tatanan sosial, ekonomi dan politik yang adil dan demokratis yang dapat menjamin hak-hak rakyat atas sumber-sumber kehidupan dan lingkungan hidup yang sehat.

Misi dan Nilai Dasar WALHI

  • Jaringan pembela lingkungan hidup yang independen untuk mewujudkan tatanan masyarakat dan tanan lingkungan hidup yang adil serta demokratis;

  • WALHI percaya hak lingkungan hidup yang sehat dan layak adalah hak Asasi Manusia;

  • WALHI menjunjung tinggi keadilan gender, hak-hak masyarakat marginal dan hak-hak makhluk hidup;

  • WALHI percaya gerakan lingkungan hidup harus berkembang menjadi gerakan sosial yang mengutamakan solidaritas, aksi-aksi konfrontatif yang kreatif dan tanpa kekerasan;

  • WALHI percaya organisasi yang demokratis, terbuka, bertanggung jawab dan profesional akan mampu melindungi hak-hak masyarakat dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Alamat Sekretariat:

Jln. Wolter Mongisidi, Kelurahan Pasir Panjang – Kota Madya Kupang NTT

email: ntt@walhi.or.id; herrynaif@yahoo.com atau carolus_keupung@yahoo.com

Kontok Person:

Herry Naif

DIREKTUR EKSEKUTIF WALHI NTT

No. Hp. 081 339 382 962

email: herrynaif@yahoo.com atau herrynaif@gmail.com

Dewan Daerah:

Ketua : Carolus Winfridus Keupung

Telp. /Hp. 081 339 407 729

email: carolus_keupung@yahoo.com

Sekretaris : Deby Rambu Kasuatu

Telp./Hp. 0821 8854 4184

email: ramkas_1visi@yahoo.com

Anggota :
  • Lorensius WellingLembaga: Perhimpuan Bantuan Hukum Nusa Tenggara (PBH – NUSRA)Hp: 0852 3754 6184

    email:pbhnusra@yahoo.com

     

  • Ferdinand Hamind

    Lembaga: Lembaga Advokasi Rakyat Sejati (LARAS) Manggarai Barat

             Hp. 0852 3947 2369

             email: haminferdinand@yahoo.com

  • Rafael Minggu

    Lembaga: YASTIM

             Telp./ Hp. 081339 101 850

             email: rafaelminggu@yahoo.co.id

Tentang WAHANA TANI MANDIRI

Wahana Tani Mandiri yang disingkat WTM didirikan, 29 Januari 1996. WTM adalah sebuah lembaga non-profit yang melakukan advokasi teknis pertanian kepada petani dan advokasi kebijakan agar berpihak pada kaum tani. WTM beralamat Kantor pusat : Jl. Feondari, Tanali, Bhera, kec. Mego, Kab.Sikka. Sedangkan untuk memudahkan komunikasi dengan berbagai pihak maka WTM memiliki kantor penyanggah : Jl. Wairklau, Lorong Kantor Dinasi Koperasi Kabupaten Sikka, NTT.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Walhi NTT dan Sejarahnya

  1. Mr WordPress berkata:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s